10 Tempat Wisata Di Puncak Bogor Paling Hits | Wisata Puncak Terbaru 2023

Posted on

10 Tempat Wisata Di Puncak Bogor Paling Hits | Wisata Puncak Terbaru 2023

Salah satu destinasi liburan keluarga yang populer bagi penduduk ibu kota adalah menjelajahi pariwisata Puncak, yang terletak di Jawa Barat. Dengan udara yang sejuk dan segar, Puncak menjadi tempat yang sempurna untuk berlibur. Berikut adalah sepuluh objek wisata menakjubkan di Puncak yang patut untuk dikunjungi.

1. Danau Puncak Warna

Danau Puncak Warna adalah sebuah danau yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Dikelilingi oleh bukit-bukit dan berada pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki air yang bersih dan sejuk. Nama “Puncak Warna” diberikan karena warna airnya yang berubah-ubah akibat kehadiran alga. Pengunjung juga dapat melihat berbagai fauna, termasuk kera liar yang jinak di sini. Tiket masuk ke Telaga Warna cukup terjangkau, dan disarankan untuk mengunjunginya di pagi hari.

2. Wisata Alam Sevillage

Sevillage adalah sebuah objek wisata alam di daerah dataran tinggi kecamatan Cianjur, yang terletak di kaki Gunung Pangrango. Atraksi di sini lengkap dan unik, sehingga tempat ini menjadi lokasi yang Instagrammable. Selain itu, pengunjung juga bisa menginap di area glamping atau kawasan perkemahan. Tiket masuk ke Sevillage tergolong murah, dan lokasinya berada di desa Ciloto, kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

3. Agrowisata Gunung Mas

Dikelola oleh pemerintah, Agrowisata Gunung Mas menawarkan berbagai atraksi, termasuk tur ke kebun teh, berkuda, dan mengunjungi pabrik teh. Pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan outbound, terbang layang, mini motocross, berkeliling dengan komodo off-road, dan mengendarai ATV di kebun teh. Terdapat juga berbagai pilihan akomodasi seperti penginapan, bungalow, pondok, atau vila, dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti gedung serbaguna, lapangan sepak bola, dan lapangan tenis.

SITU LENGKONG PANJALU CIAMIS

4. Curug Panjang Megamendung

Curug Panjang adalah air terjun yang unik yang terletak di Kecamatan Mega Mendung, Kabupaten Bogor, dinamakan demikian karena arah aliran airnya yang memanjang. Air terjun ini mengalir dan akhirnya membentuk kolam indah dengan pusat berwarna tosca dan pinggiran yang jernih. Pengunjung dapat melihat biota air tawar, seperti belut atau ikan kecil, di sekitar air terjun. Curug Panjang ditandai dengan hutan yang sunyi dan lebat, iklim yang nyaman, dan sangat cocok untuk hiking.

5. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia meluas di area seluas 55 hektar dan terletak 800 meter di atas permukaan laut, menawarkan iklim yang nyaman. Pengunjung dapat menyaksikan perilaku hewan liar dan jinak yang berjumlah sekitar 2.500 individu. Banyak hewan langka, seperti beruang es, panda merah, dan watusi, dapat dilihat di taman ini. Anda dapat mengemudi sendiri di sekitar taman, menikmati piknik, atau mengunjungi fasilitas lainnya, seperti taman bermain anak-anak dan panggung hiburan hewan. Taman ini dapat diakses dari kota-kota Jakarta, Bogor, atau Bandung.

Dukopi | Kedai Tersembunyi Di Tengah Pedesaan Bernuansa Alam Terbuka | Wisata Kuliner Subang

6. Taman Melrimba Puncak Cisarua

Terletak pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, Taman Melrimba Puncak Cisarua adalah taman rekreasi keluarga dengan keindahan alam yang menakjubkan. Bedengan bunga berbagai macam dan hutan pinus yang indah diselimuti udara sejuk, cocok untuk pengunjung yang membutuhkan ketenangan. Taman ini menawarkan berbagai aktivitas, termasuk tur kuliner. Pengunjung dikenai biaya masuk minimal dan diberikan waktu tak terbatas untuk menikmati taman.

7. Citamiang Puncak Bogor

Citamiang yang indah adalah lokasi pariwisata perkemahan dan resor yang terletak di hutan Puncak, menawarkan suasana hutan yang lebat dan indah dengan fasilitas penginapan dan rekreasi yang lengkap. Resor ini menawarkan menginap semalam di tengah hutan hijau segar dan memiliki berbagai kegiatan rekreasi hutan dan alam yang tersedia untuk segala usia, menjadikannya tempat liburan keluarga yang ideal. Resor ini juga memiliki kafe yang Instagrammable di tengah hutan.

8. Curug Cilember

Curug Cilember adalah objek wisata populer di wilayah Puncak, Bogor, dengan tujuh air terjun berbagai tinggi mulai dari air terjun pendek hingga yang tertinggi mencapai 40 meter. Pengunjung dapat mendaki melalui hutan yang sepi dan lebat yang didominasi oleh pohon pinus merkusii di area seluas 7 hektar. Air terjun yang paling sering dikunjungi adalah yang pertama, yang dapat diakses dengan berjalan kaki sejauh 150 meter. Pengunjung dengan pengalaman mendaki akan menikmati air terjun-terjun yang lebih tinggi yang berjarak hingga 800 meter.

Akses Curug Cibingbin Desa Sukamandi – Subang

Rute Menuju Puncak

Untuk menuju Puncak, terdapat beberapa rute yang bisa dipilih. Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda dapat mengambil jalur tol Jagorawi menuju Ciawi, lalu lanjutkan perjalanan ke arah Puncak. Dari Bandung, Anda bisa mengambil jalur tol Cipularang menuju Padalarang, lalu lanjutkan perjalanan ke arah Puncak. Rute ini akan memberikan Anda pemandangan yang indah selama perjalanan.

Rekomendasi Tempat Sekitar Puncak

Selain objek wisata utama di Puncak, ada juga beberapa tempat menarik di sekitarnya yang patut untuk dikunjungi. Beberapa rekomendasi tempat sekitar Puncak antara lain:

  • Kebun Teh Gunung Mas: Nikmati suasana kebun teh yang hijau dan sejuk, serta ikuti tur ke pabrik teh untuk melihat proses produksi teh.
  • Cibodas Botanical Gardens: Jelajahi taman botani yang indah dan melihat berbagai spesies tumbuhan yang langka.
  • Taman Bunga Nusantara: Temukan keindahan taman bunga dengan berbagai macam bunga dari seluruh Indonesia.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

a. Apakah Puncak cocok untuk liburan keluarga?

Ya, Puncak sangat cocok untuk liburan keluarga karena memiliki beragam objek wisata alam yang menarik dan aktivitas rekreasi yang sesuai untuk semua anggota keluarga.

b. Bagaimana dengan aksesibilitas ke objek wisata di Puncak?

Sebagian besar objek wisata di Puncak mudah diakses dengan kendaraan pribadi. Namun, beberapa tempat wisata mungkin memerlukan perjalanan pendakian atau trekking yang lebih menantang.

c. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak adalah selama musim kemarau, yaitu sekitar bulan April hingga September. Cuaca pada periode ini biasanya cerah dan tidak terlalu dingin.

d. Bagaimana dengan akomodasi di Puncak?

Puncak menyediakan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel, vila, hingga penginapan murah. Pastikan Anda memesan akomodasi sebelumnya terutama pada musim liburan untuk menghindari kehabisan tempat.