6 Lamborghini Buatan Indonesia | Kreatifitas Tanpa Batas

Posted on
lamborghini

6 Lamborghini Buatan Indonesia | Kreativitas Tanpa Batas

Indonesia, Negeri Kreativitas dalam Industri Otomotif

Indonesia dikenal sebagai negara dengan industri otomotif yang semakin berkembang, terutama dalam bidang modifikasi mobil, khususnya desain mobil supercar dan sport car. Salah satu brand terkenal dari Italia, Lamborghini, juga mendapat perhatian para modifikator di Indonesia, yang mencoba untuk menciptakan replika Lamborghini dengan kreativitas tanpa batas. Meskipun secara tampilan hampir tidak dapat dibedakan dari aslinya, namun ada beberapa perbedaan detail pada mesin dan komponen lainnya yang membuat mobil-mobil ini unik. Video ini akan membahas 6 Lamborghini buatan Indonesia yang menarik untuk diikuti.

Lamborghini Gunung Kidul

Proyek modifikasi Lamborghini pertama datang dari Suharyanto, pemilik bengkel “High Class Auto Custom,” yang berhasil menciptakan replika Lamborghini Aventador berwarna kuning dari mobil Mitsubishi Galant tahun 2000. Meskipun pengerjaannya memakan waktu lebih dari satu tahun karena beberapa detail yang harus diselesaikan, hasilnya sangat memuaskan. Mobil ini dilengkapi dengan fitur air suspension untuk memberikan tampilan dan kenyamanan yang lebih maksimal. Harganya berada di kisaran 350 juta rupiah.

Lamborghini Surabaya

Selanjutnya, dari Surabaya, datanglah sebuah replika Lamborghini Aventador yang menarik perhatian. Meskipun mesin mobil tetap diletakkan di bagian depan, yang berbeda dengan asli yang menempatkan mesin di belakang, replika ini memiliki keunggulan tersendiri. Atap yang dapat dibuka masih dapat disimpan di bagasi belakang, memungkinkan lebih banyak barang bawaan. Mobil ini dibuat dengan bahan dasar Mitsubishi Galant dan dijual dengan harga sekitar 500 juta rupiah.

Lamborghini Malang

Mahandika Bayu dari Malang menjadi sorotan karena berhasil membuat replika Lamborghini dari mobil sedan Mazda 323. Pemuda lulusan SMP ini dengan sungguh-sungguh menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan proyek ini. Keterbatasan modal menjadi kendala dalam pembuatan mobil ini, sehingga dia harus mengerjakannya secara bertahap. Meskipun begitu, kreativitasnya dalam industri mobil di Indonesia sangat menginspirasi. Total biaya yang dikeluarkan untuk proyek replika ini sekitar 150 juta rupiah.

Lamborghini Sukoharjo

Seorang warga Sukoharjo bernama Arjo Purwanto berhasil mengubah mobil tua menjadi replika Lamborghini Aventador SPJ. Beberapa bagian mobil seperti rangka dan mesinnya berasal dari Mitsubishi Eterna tahun 1990. Selama proses pembuatan, Aryo menghadapi beberapa kendala, namun berhasil mengatasi semuanya dengan keahliannya. Mobil ini dilengkapi dengan modifikasi suara knalpot yang membuatnya terdengar mengaum gahar, mirip dengan Lamborghini asli. Dari luar, mobil ini tampak seperti Lamborghini, namun di dalamnya, mobil ini tetap mempertahankan karakteristik mobil sedan. Total biaya pembuatan replika ini sekitar 150 juta rupiah.

Lamborghini Aceh

Ridwan, seorang tukang servis elektronik di Aceh, memiliki hobi merakit mobil. Dengan modal yang terbatas, Ridwan mencoba membuat replika Lamborghini menggunakan mesin Yamaha Vixion 150 cc. Meskipun mobil ini tidak sepenuhnya auto, tetapi sebagai proyek hobi dengan biaya yang sangat minim, hasilnya cukup mengesankan. Dibuat dengan rangka yang sederhana dan menggunakan stiker bukan cat mobil, proyek replika ini hanya mengeluarkan biaya sekitar 40 juta rupiah.

Lamborghini Bandung

Berasal dari Bandung, Roni Novirman, pemilik bengkel “Ekstrem Modifikasi,” adalah pecinta supercar. Ia memiliki kecintaan yang mendalam terhadap mobil-mobil super, terutama Lamborghini. Hal ini mendorongnya untuk menciptakan replika-replika supercar tersebut. Di bengkelnya, bukan hanya replika Lamborghini, Roni dan timnya juga berhasil menciptakan replika mobil-mobil super mahal lainnya seperti Ferrari dan Bugatti. Hobi yang awalnya sekedar modifikasi mobil pada tahun 2001, kini telah berkembang menjadi sebuah bisnis yang menggaet belasan warga sekitar untuk berbisnis di bengkelnya.

Nah, itulah 6 Lamborghini buatan Indonesia yang menarik untuk diketahui. Masing-masing mobil ini memiliki ciri khasnya sendiri dan menunjukkan kreativitas industri otomotif Indonesia. Meskipun bukan mobil asli, namun replika-replika ini berhasil mencuri perhatian dengan detail dan keunikan yang dimilikinya.