Cara Berbisnis di Hongkong

Posted on

Penduduk mayoritas Hongkong adalah orang Cina. orang-orang Cina Hongkong yang berbisnis dengan orang barat biasanya memilih nama yang bisa diucapkan dengan mudah oleh orang barat. Mereka juga berharap Anda melakukan yang hal yang sama: yaitu memudahkan nama belakang Anda dituliskan dalam tulisan Cina sehingga bisa dibaca. tidak tahu persis, Pilihlah kata yang pengucapannya sama dengan nama belakang hendak. Anda Jangan berpikir pas atau tidak tetapi yang paling penting adalah nama anda terdengar familiar bagi orang Canton. Bahasa Cina merupakan bahasa mono silabik bersuku kata satu, jadi satu huruf Cina mewakili 1 kata dari nama belakang anda. memilih kata yang terdengar enak dan hampir terdengar sama dengan nama Anda memang mudah, tetapi ternyata artinya belum tentu baik atau menguntungkan, karena itu pastikan anda selalu dibantu oleh nitip speaker China. contohnya kesalahan yang dilakukan oleh coca-cola di tahun 1920-an. mereka menemukan kata Cina yang terdengar seperti coca-cola tetapi ternyata artinya gigit kecebong wax.

Cara Berbisnis di Hongkong

Latar belakang negara

Sejarah

Tahun 1699 British East India trading company mulai menggunakan Pelabuhan Hongkong untuk berdagang dengan Cina. kemudian terus memonopoli perdagangan hingga tahun 1834 saat monopoli dihapuskan.

Perang opium 1839-1842 mulai ketika bangsa Cina mencoba mencegah pengiriman opium ke China, dan puncaknya adalah dikeluarkannya traktat yang berisi bahwa Cina menyerahkan Pulau Hongkong kepada United Kingdom dan membuka 5 pelabuhan di China bagi para pedagang Inggris. Selanjutnya Kowloon Peninsula, Stone cutter Island dan new territories dinyatakan ditambahkan ke dalam koloni. Hongkong dinyatakan sebagai Pelabuhan bebas b a pada tahun 1841.

Lesti Kejora: Anak Seorang Supir yang Sukses Jadi Pedangdut Ternama!!

Bentuk pemerintahan

Hongkong merupakan koloni Inggris. Raja Inggris menjadi kepala negara. kepala pemerintahannya adalah gubernur yang ditunjuk oleh pemerintah Inggris.

Gubernur Hongkong memimpin pemerintahan koloni bersama dengan 2 dewan. dewan eksekutif adalah lembaga penasehat dan anggota-anggotanya terdiri atas orang Cina dan Portugis. Dewan Legislatif berwenang membuat undang-undang dan menyetujui anggaran. ada juga kehakiman independen. gubernur yang ada mempunyai masa jabatan sampai dengan tahun 1997.

Karena masa sewa 90 tahun / new teritori akan berakhir pada tahun 1997, maka pemerintah Inggris dan Cina pada tahun 1982 mulai membicarakan masalah depan Hongkong. Kesepakatan yang dicapai adalah menjadikan Hongkong menjadi suatu kawasan administrasi khusus di Cina di tahun 1997. juga mengijinkan Hongkong untuk tetap melanjutkan sistem ekonomi komando legal dan sosialnya yang unik sampai dengan 50 tahun kedepan setelah tahun 1997. Di bawah suatu perjanjian yang dibuat pada tahun 1985 Inggris dan Cina sepakat bahwa Hongkong diizinkan terus menjalankan sistem kapitalis nya selama 50 tahun kedepan lagi setelah tahun 1997.

Sayangnya kepercayaan internasional akan kelancaran penyerahan Hongkong dari Inggris ke China ini telah di nodai dengan berbagai peristiwa seperti pembantaian massal tiananmen pada Juni 1989.

Bahasa

Bahasa resmi nya ada dua yaitu Cina dan Inggris. Dialek Cina yang paling banyak adalah Canton, yaitu bahasa yang diucapkan dengan suara keras putih Namun karena Cina tanah daratan menggunakan dialek Mandarin sebagai bahasa Cina standar modern, bahasa resmi, maka Mandarin diajarkan disekolah-sekolah di Hongkong.

Agama

Tidak ada agama resmi. ada sekitar 1,5 juta orang Nasrani yang terbagi sama besar yaitu Protestan dan Katolik Roma. juga ada sedikit Islam dan Hindu. banyak orang Cina yang mengikuti ajaran dari berbagai macam-macam agama sekaligus. elemen konfusianisme dan taoisme yang kuat bersama dengan Budha mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan orang Cina.

Demografi

Hongkong diperkirakan berpenduduk 5,9 juta di tahun 1992. kepadatan penduduknya 5 kali lebih tinggi daripada Tokyo Jepang.

Kurang dari 2% adalah orang Eropa. 90% tenaga pabrik adalah orang Cina yang berasal dari 5 kelompok besar di Cina bagian selatan.

Orientasi budaya

Tipe kognitif titik2 bagaimana orang Hongkong mengorganisasi dan memproses informasi

Di Hongkong, orang-orang Cina memproses informasi secara asosiatif kecuali jika mereka pernah mengenyam pendidikan tinggi di barat, maka mereka akan jauh lebih abstraktif. Sebagai suatu kebudayaan kolektif mereka masih mengutamakan kesetiaan terhadap kelompok diatas perasaan pribadi tetapi mereka juga merasa bahwa hubungan pertemanan yang istimewa jauh lebih penting dari kepentingan pribadi.

Strategi negosiasi titik2 yang lazim disebut fakta menurut orang Hongkong.

Orang-orang Cina Hongkong pada dasarnya selalu mengikuti perasaan, tetapi keyakinan terhadap ideologi kelompok bisa merupakan sumber yang lebih relevan dari kebenaran. Bagi mereka yang memiliki pendidikan lebih tinggi mungkin akan lebih menerima fakta yang objektif daripada perasaan pribadi. mereka lebih menekankan keseluruhan di atas pemecahan.

Sistem nilai: dasar tingkah laku

Seperti halnya di Cina orang-orang Cina Hongkong mengharuskan dirinya untuk selalu menjaga nama baik. tindakan seseorang mencerminkan seluruh keluarganya dan kelompok dimana dia menjadi anggotanya. berikut adalah tiga bagian yang mengidentifikasikan sistem nilai dalam kebudayaan dominan yaitu cara mereka untuk membedakan yang benar dan yang salah yang baik dan yang buruk dan sebagainya.

Tempat pengambilan keputusan

Untuk mengambil keputusan dibutuhkan kesepakatan dari seluruh kelompok, yang para anggotanya tunduk pada seseorang dengan etos tertinggi. orang Cina Hongkong lebih menggunakan candaan yang sopan daripada mengatakan tidak. mereka merendahkan diri sendiri. Nama baik seseorang dijaga dengan mematuhi semua norma etika di masyarakat dalam semua hal dan jangan pernah sampai mempermalukan orang lain. ada struktur kuat yang berwenang yang menghendaki rasa adil atau tidak memihak dan kepatuhan.

Sumber pengurangan kekhawatiran

Rasa bangga terhadap bangsanya yang bertentangan dengan ketidakpastian situasi politik mengakibatkan rasa ketakutan. Keluarga adalah unit organisasi masyarakat yang paling penting. kehidupan adalah suatu aturan kewajiban-kewajiban bagi suatu hubungan. anda akan dihargai jika bisa menahan emosi dan tindakan agresi tidak akan diterima. seseorang harus mempertahankan keharmonisan hubungan antar sesama anggota kelompok dan menghindari konflik antar hubungan personal.

Masalah persamaan derajat

Usia sangat menentukan. yang mudah harus menghargai dan patuh kepada yang tua sedangkan yang tua harus berwibawa dan bertanggung jawab atas yang muda. Ada suatu rasa kepercayaan yang sudah melekat dalam diri orang-orang karena adanya kebersamaan rakyat dan tekanan masyarakat. walaupun tidak ada orang yang merasa bahwa Hongkong adalah rumah, tetap ada prasangka terhadap orang asing. perbedaan peran berdasarkan jenis kelamin jelas terlihat dalam masyarakat tetapi konsep persamaan dari barat mulai masuk sedikit jenis sedikit. pria masih menguasai situasi publik.

Praktek bisnis

Membuat janji

  • Tepat waktu dianggap baik antar pembisnis China usahakan selalu tepat waktu walaupun lalu lintas di Hongkong sangat padat tepat waktu berarti menghargai.
  • Dalam tradisi Cina semua orang wajib meminta maaf jika salah. pastikan anda meminta maaf jika anda terlambat, walaupun bukan kesalahan anda.
  • Jangan tunjukan Anda sok paling benar jika rekan Hongkong Anda terlambat datang setengah jam, tidak ada untungnya.
  • Pertemuan hendaknya dijadwalkan jauh-jauh hari dan di Hongkong bukan hal aneh Jika anda sudah menjadwalkan pertemuan 2 bulan sebelum anda tiba di Hongkong.
  • Banyak orang Hongkong yang pergi liburan Selama musim panas dan minggu minggu sebelum dan sesudah Natal, Paskah dan Tahun Baru Cina, cobalah menentukan jadwal bisnis di bulan Oktober November dan Maret hingga Juni.
  • Beberapa bisnis Cina tutup seminggu penuh selama tahun baru Cina
  • Kantor bisa tutup dari pukul 12 hingga pukul 2 siang dan banyak eksekutif yang istirahat makan siang lebih lama. di China, banyak orang yang tidur siang saat istirahat kantor walaupun tidak umum di Hongkong.
  • Kebanyakan Hongkong mengikuti sistem 6 kerja. mulai dari pukul 9 pagi dan selesai 5 sore, Senin hingga Jumat. hari Sabtu normalnya masuk pukul 9 pagi dan pukul 5 sore pulang tetapi jika diperpanjang sudah bukan hal aneh lagi.
  • Jangan pernah menolak undangan makan siang atau makan malam jika benar-benar tidak ada halangan. jika anda tidak bisa segera tawarkan alternatif waktu. kesuksesan anda di bisnis tergantung dari seberapa dekat hubungan sosial anda.
  • Sapa lah setiap orang yang anda temui Ketika anda tiba, mulai dari yang paling senior atau yang paling tua.

Negosiasi

  • Umur sangat menentukan di Cina. jika klien Hongkong Anda adalah orang Cina maka sebaiknya jangan mengirim utusan atau wakil Yang umurnya masih muda. orang yang berusia 50 tahun atau lebih akan lebih dihormati.
  • Presentasikan semua materi dan ide dengan sikap yang sederhana dan sabar. sikap agresif tidak bisa diterima dan jika seseorang sampai kehilangan muka dalam suatu negosiasi, maka kontrak akan batal.
  • Orang Cina merupakan diplomat yang Anda saat percakapan. mereka selalu berusaha keras jangan sampai mereka mengeluarkan pernyataan yang membuat orang lain tersinggung atau malu.
  • Jangan pernah berdebat mengenai masalah yang tidak menyenangkan dengan orang Cina di depan publik diskusikan secara pribadi. bagi mereka penampilan adalah segalanya.
  • Kata ia tidak berarti bahwa saya setuju dengan anda tetapi lebih dekat artinya dengan saya tahu.
  • Perkataan ini mungkin akan sulit bagi orang Cina tradisional memiliki arti terdekat tidak.
  • Selalu sediakan alternatif untuk memberi ruang kepada negosiator Cina untuk menegosiasikan beberapa pilihan dengan penuh martabat.
  • Ketahuilah posisi dan status para pemain China. tidak pantas untuk memberikan semua informasi kepada negosiator senior. kehadirannya berbau seremonial, dan staf yang lebih Junior lah yang mungkin akan menyampaikan kepada pimpinan kelompok.
  • Untuk tidak berubah selama proses negosiasi.
  • Negosiasi bisa saja berjalan sangat lambat, karena segala sesuatunya selalu diperhatikan secara detail. ini merupakan proses normal. pada akhirnya tim negosiasi Cina bisa saja meminta diskon yang banyak yang biasa mereka sebut dengan kompromi.

Budaya Cina untuk berkonsultasi dengan ahli feng shui untuk menentukan tanggal dan persiapan yang menguntungkan untuk pembukaan kantor baru pindah rumah dan sebagainya. ada banyak masalah yang dapat diselesaikan dengan sikap yang efisien dengan menghargai keyakinan rekan bisnis Cina Anda terhadap ramalan fengshui.
Negosiasi dilakukan bersamaan dengan acara minum teh. Anda harus selalu menerima tawaran minum teh, entah Anda suka atau tidak. Setelah teh disajikan, tunggu tuan rumah anda untuk minum dahulu baru anda.
Para negosiator Cina biasanya menggunakan cangkir teh sebagai alat bantu untuk mendapatkan penglihatan. satu cangkir biasanya digunakan untuk mewakili perusahaan anda dan cangkir lainnya mewakili perusahaan Hongkong, dan posisi cangkir akan diubah untuk mengindikasikan Seberapa jauh yang memisahkan perusahaan mengenai ketentuan dalam perjanjian.

Jamuan bisnis

  • Berikan jamuan di restoran yang bergengsi dan ruang perjamuan. hotel kelas 1 biasanya bisa memberikan fasilitas seperti ini.
  • Sebagian besar kebudayaan Cina Hongkong adalah perjamuan makan. merayakan suatu pertemuan bisnis produktif atau aliansi baru biasanya dengan perjamuan makan besar yang terdiri atas 8 sampai 12 bagian.
  • Perjamuan makan merupakan hadiah yang sangat bisa diterima oleh seorang klien Cina dan harus diterima jika ditawarkan kepada anda.
  • Persiapkan diri Anda jika diundang perjamuan makan orang Cina. setiap bagian perjamuan Anda harus dimakan. makanan terenak disajikan pada pertengahan perjamuan.
  • Menggunakan Sumpit akan meningkatkan reputasi anda. ingat salah satu ujung Sumpit digunakan untuk makan dan yang lain untuk menyajikan. Jangan tancapkan Sumpit ke dalam mangkuk nasi tegak lurus ke atas karena bagi mereka akan tampak seperti batang kemenyan yang digunakan dalam upacara keagamaan.
  • Nasi merupakan pengisi jadi jangan makan terlalu banyak. Sisakan nasi agak banyak pada hidangan terakhir karena kalau nasi dihabiskan anda akan membuat mereka terlihat seperti tidak punya cukup makanan
  • Menjamu klien saat makan siang atau makan malam sering nya di restoran di Club Private.
  • Restoran Cina yang sangat tradisional mungkin tidak menyediakan garpu. Anda harus membersihkan tangan anda dengan taplak meja aku. di restoran seperti ini jika anda meninggalkan taplak meja dengan penuh kotoran menandakan bahwa anda sudah makan dengan enak dan menikmati makanannya.
  • Acara perjamuan makan berlangsung lama jadi setiap orang segera pulang setelah hidangan terakhir disajikan.
  • Hal yang jarang bagi suami atau istri untuk ikut dalam undangan makan malam bisnis.

Waktu

Hongkong 8 jam lebih awal dari Greenwich atau 13 jam lebih awal dari Houston standar

Keprotokolan

Menyapa

  • Menurut tradisi orang Cina saling membungkuk untuk memberi hormat. ketika membungkuk pada orang yang lebih tinggi Anda harus membungkuk secara dalam dan tegakan badan kembali setelah orang tersebut.
  • Baik dalam tradisi Inggris maupun Cina baik untuk saling menyapa. pria dan wanita berjabat tangan dan memberikan pujian. orang Cina menghargai pujian walaupun sifat mereka yang tidak boleh menonjolkan diri sendiri tidak memperbolehkan Mereka menerima pujian tersebut. sikap ini bisa dianggap buruk.
  • Sapaan orang Cina secara tradisi sering berkenaan dengan makanan Apakah kau sudah cukup makan nasi adalah sapaan yang paling umum. pertanyaan ini merupakan pertanyaan retoris dan selalu dijawab ya Apakah anda sudah makan atau belum
  • Selalu kenali dan siapa orang yang paling senior atau paling tua pertama kali dalam suatu kelompok dan tanyakan tentang kesehatannya dengan sopan.
  • Kesopansantunan dan formalitas dalam sikap dan berpakaian merupakan bagian integral dalam sikap orang Cina. Jangan Pernah menawarkan pendapat terlalu bebas dan jangan tanyakan rencana seseorang atau Kemana dia akan pergi. bagi orang Cina memberikan terlalu banyak informasi dianggap vulgar.
  • Hindari segala sikap yang bisa menuju ke agresif atau suara keras. kepantasan sangat penting dalam tradisi Inggris maupun Cina.
  • Jika anda hanya berbicara bahasa Inggris ketahuilah bahwa anda akan mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan isi pembicaraan secara emosional dalam bahasa Cina.¬†Suatu pembicaraan bahasa Cina yang sederhana mungkin bagi telinga orang Barat akan terdengar seperti suatu perdebatan yang panas.

Bentuk panggilan

  • Kebanyakan orang yang anda temui harus disapa dengan titel dan nama keluarga mereka. Jika orang tersebut tidak punya titel cukup gunakan Mr, madam Mister atau miss + nama belakang mereka.
  • Nama orang-orang Cina umumnya terdiri atas nama keluarga diikuti dengan dua nama personal
  • Ketika menulis dalam bahasa Inggris, orang Cina Hongkong menggunakan garis penghubung pada nama personal mereka
  • Istri orang China tidak biasa menggunakan nama belakang atau keluarga dari suami mereka tetapi tetap mempertahankan nama gadis mereka. Walaupun orang barat umumnya memanggil wanita yang sudah menikah dengan mrs.
  • Untungnya banyak orang Cina yang mengadopsi nama Inggris untuk nama depannya sehingga orang-orang berbahasa Inggris bisa mudah mengingat dan mengucapkan namun mereka.
  • Jika banyak orang Cina yang punya nama klan serupa, karena hanya ada sekitar 400 nama belakang di Cina. bagaimanapun jika nama belakang ini diubah ke bahasa Inggris ada beberapa variasi yang mungkin.

Gerak isyarat

  • Sesama anggota pria atau wanita boleh bergandeng tangan untuk menunjukkan persahabatan tetapi jika berbeda jenis kelamin tidak boleh.
  • Walaupun wanita boleh menyilangkan kaki mereka pria harus tetap menjaga kaki mereka untuk tetap di lantai. Letakkan tangan anda di pangkuan paha ketika duduk.
  • Orang Cina bisa saling berbicara dengan jarak yang lebih dekat daripada yang biasa di Amerika Serikat.
  • Jangan menepuk orang di pundak atau mendahuli melakukan kontak fisik ini tidak akan dihargai titiknya

Hadiah

  • Memberi hadiah adalah kebiasaan penting dan berbelit di Hongkong. pebisnis yang punya itikad baik bisa menyinggung partner atau kolega atau kliennya jika memberikan hadiah yang salah seperti dibawah ini: jam dinding berarti kematian, buku menggambarkan kutukan untuk Allah bagi para penjudi, selimut berarti menghilangkan kemakmuran si penerima, hadiah yang tidak dibungkus artinya tidak sopan, hadiah dibungkus dengan warna biru Warna berkabung, topi warna hijau mereka bisa menganggap Anda adalah suami yang istrinya tidak setia atau saudara perempuan anda adalah seorang pelacur.
  • Jangan membuka hadiah di depan orang yang memberi hadiah.
  • Menerima dan memberi hadiah dengan kedua tangan.
  • Hadiah dari orang Cina biasanya sangat banyak, bahkan luar biasa. Hal ini biasanya hanya cara mereka menunjukkan rasa menghormati dan persahabatan mereka.
  • Memilih waktu untuk memberi hadiah adalah penting.
  • Bawa barang-barang dari negara atau tempat anda berasal sebagai hadiah
  • Menjadi tuan rumah pada acara perjamuan makan merupakan hadiah yang bisa diterima bagi selain orang Cina yang diharuskan jika merekalah yang menjadi tuan rumah bagi anda.
  • Jika anda diundang ke rumah bawalah permen, 2, whiskies, dan sebagainya. Jangan berlebihan dalam mengagumi sesuatu karena hal ini akan membuat rumah Anda merasa harus memberikan kepada anda.

Busana

  • Setelan bisnis untuk pria warnanya gelap dan warna rambut untuk wanita. gunakan kain yang bisa dicuci dan ringan.
  • Jangan menggunakan warna biru atau putih dalam acara sosial karena warna-warna ini melambangkan kematian dan berkabung

Dalam mengambil keputusan orang Hongkong membutuhkan kesepakatan dari seluruh kelompok yang para anggotanya tunduk pada seseorang dengan etos tertinggi. selalu sediakan banyak alternatif untuk memberi ruang kepada negosiator Cina untuk menegosiasikan beberapa pilihan dengan penuh martabat.

Lesti Kejora: Anak Seorang Supir yang Sukses Jadi Pedangdut Ternama!!