Cara berbisnis di Jerman

Posted on

Mayoritas orang Jerman sangat memperhatikan masalah lingkungan. Gambaran historis tentang keberanian penduduk Jerman yang berhasil mengusir pasukan Romawi, berperang di hutan yang lebat dan luas, penting bagi orang Jerman dan sama pentingnya bagi orang Amerika Utara terhadap penaklukan perbatasan Barat. Jerman termasuk salah satu negara pertama yang partai politiknya didominasi oleh suatu program lingkungan, the green yang memenangkan kursi di badan legislatif nasional.

Latar belakang negara

Catatan budaya

Jerman bersatu baru-baru ini mengadopsi nama Federal Republic of Germany sebagai nama resmi yang sebelumnya dipakai oleh Jerman Barat. Jerman Timur sebelum bersatu bernama Jerman democratic Republic yang dimaksud dengan Jerman bundeswehr itu zona w dan zona o.

Sejarah

Walaupun Jerman sudah didiami selama ribuan tahun, tetapi negeri Jerman itu sendiri baru berumur kurang lebih 120 tahun. pendudukan atau penetapan Jerman sudah dilaksanakan sejak tahun 3500 sebelum masehi dan para penduduk ini bertempur mati-matian untuk bisa menandai Batas Utara dengan kerajaan Romawi. Setelah remaja tuh beberapa suku berbahasa Jerman dikuasai frankish.

Tetapi tidak lama Jerman pecah menjadi beberapa kerajaan kecil. di zaman pertengahan, sebagian besar kerajaan ini bersatu dalam konfederasi tidak rapat yang disebut Holy Roman Empire. kerajaan Romawi Agung ini berakhir setelah ditaklukan dan dibubarkan oleh Napoleon di tahun 1804

Reformasi Protestan dimulai oleh Martin Luther di tahun 1571 tujuh, dalam peperangan dan konflik selama bertahun-tahun. sebagaimana agama tidak bisa dipisahkan dari politik, maka setiap kerajaan Jerman menggunakan agama sebagai alat politik raja-raja Protestan memerangi Katolik dengan penuh kekerasan, dan didalam Jerman telah terbagi dua agama yang jumlahnya imbang. umumnya daerah bagian Selatan beragama Katolik dan bagian utara beragama Protestan.

Di abad 18 ada dua kerajaan berbahasa Jerman yang mendominasi Eropa pusat : Prussia dan Austria. Austria merasa bahwa menjaga kerajaan-kerajaan untuk tetap terpisah masuk kedalam kepentingannya. sedang pusia ingin menyatukannya.

Bentuk pemerintahan

Republik federasi Jerman bersatu merupakan Republik multipartai Federal demokrasi. Pengambilan suara dilakukan bila jumlah yang hadir proporsional. berikut adalah susunan dari 2 legislatif yang ada: 68 kursi yang diduduki Federal Kansil dan 662 kursi pedal diet. Presiden adalah kepala negara dan kanselir adalah kepala pemerintahan.

Pemerintah yang sekarang ini sedang memperebutkan pada usaha menyamakan standar bekas Jerman Timur agar sama dengan standar Jerman Barat dan Jerman Timur keadaannya jauh lebih parah dari yang disadari siapapun dan walaupun sudah diberi banyak bantuan tingkat pengangguran yang masih saja tinggi.

Bahasa

Bahasa resmi nya adalah bahasa Jerman. 99% penduduk menggunakan bahasa Jerman dan sisanya menggunakan berbagai macam dialek. bahasa Jerman dalam buku-buku dipelajari di sekolah mungkin sangat berbeda dengan dialek setempat.

Agama

Ada 2 agama terbanyak yang sama kuat yaitu Katolik Roma dan Protestan. Lalu ada sedikit Yahudi dan Islam.

Demografi

Jerman bersatu dan berpendudukan kurang lebih 79 juta jiwa. walaupun kepadatan penduduk tinggi, baik Jerman Timur maupun barat mengalami angka pertumbuhan penduduk yang negatif selama bertahun-tahun. penduduknya sangat cepat berusia tua.

orientasi budaya

Tipe kognitif : bagaimana orang Jerman mengorganisasi dan memproses informasi

Orang Jerman umumnya tertutup terhadap informasi dari luar Bahkan sesama unit dalam organisasi yang sama pun mereka tidak sembarang berbagi informasi. Generasi yang lebih muda sekarang ini jauh lebih terbuka. dalam memproses informasi orang-orang Jerman bersikap analitik Analitik dan konseptual. Mereka betul-betul menerapkan budaya mereka pada seluruh dunia teknik menjalin persahabatan tidak akan berjalan dengan cepat karena mereka orang-orang yang sangat selektif.

Strategi negosiasi titik2 yang lazim disebut fakta menurut orang Jerman

Fakta objektif merupakan dasar bagi kebenaran. dalam negosiasi tidak boleh melibatkan perasaan. persepsi orang Jerman mengenai kebenaran dipengaruhi oleh keyakinan yang kuat dalam ideologi demokrasi sosial.

Sistem nilai: dasar tingkah laku

Ada perbedaan sistem nilai antara di Jerman Timur dengan Jerman Barat. Berikut ini adalah tiga bagian yang mengidentifikasikan sistem nilai dalam kebudayaan dominan yaitu cara mereka untuk membedakan yang benar dan yang salah yang baik dan yang buruk dan sebagainya.

Tempat pengambilan keputusan

Orang Jerman sangat individualis, tetapi dalam proses pengambilan keputusan mereka tidak akan pernah mengabaikan Sejarah Kebudayaan. proses pengambilan keputusannya lama dan rumit, karena dalam prosesnya harus mempertimbangkan segala yang ada di sekelilingnya. dan Jika keputusan sudah dibuat maka tidak akan bisa diubah lagi. privasi individu perlu dalam segala jenis pekerjaan, dan masalah pribadi tidak dibicarakan di dalam negosiasi bisnis. maka penting untuk menjalin hubungan pertemanan yang lebih pribadi dengan lawan atau rekan Anda.

Sumber pengurangan kekhawatiran

Kombinasi peraturan dan ketepatan di dunia dengan disiplin internal yang tinggi menghasilkan suatu kestabilan dalam menjalani hidup dan mengurangi ketidakpastian. tata tertib sosial dan personal sangat diharuskan dan hanya sedikit toleransi yang diberikan terhadap sikap sikap yang menyimpang. hanya menunjukkan sedikit emosi karena adanya struktur dan kontrol internal yang kuat. ketakutan atau skeptis akan masa depan mengakibatkan kecemasan dan pesimisme.

Masalah persamaan derajat

Muncul prasangka-prasangka kuat namun halus terhadap para pekerja asing, pengungsi dan mungkin, Jerman Timur, karena mereka semua bisa saja menjadi ancaman dalam lapangan pekerjaan yang tidak mematuhi norma nasional. Jerman memiliki hierarki sosial yang sangat berbeda, di sana terdapat kelas-kelas untuk menentukan siapa-siapa yang harus mengisi jabatan dalam organisasi serta memberi struktur dan perintah. hukum memberikan hak yang sama tetapi hal ini tidak dipraktekkan dalam pasar. para wanita masih dibedakan baik dalam hal gaji maupun kekuasaan.

Praktek bisnis

Membuat janji

Ke depan waktu di Jerman adalah nomor satu di dunia. usahakan selalu tepat waktu dalam setiap pertemuan, Apakah itu acara bisnis atau sosial terlambat 2 atau 3 menit bisa menjadi penghinaan bagi eksekutif Jerman, terutama jika posisi anda berada di bawahnya.

Ingatlah bahwa sebagian besar Eropa dan Amerika Selatan selalu menulis tanggalnya dulu lalu bulan kemudian tahun begitu juga di Jerman.

Walaupun di Jerman bahasa Inggris sudah digunakan secara meluas, beberapa pebisnis Jerman lebih suka berdiskusi dengan bahasa Jerman. karena itu Anda atau tuan rumah Anda perlu menyiapkan seorang penerjemah

Sebelum mengadakan janjian pertemuan setidaknya beritahu satu atau dua minggu sebelumnya membeli telepon atau telepon atau setidaknya 1 bulan melalui surat pos. jika anda tidak punya cukup banyak waktu kata harus sesegera mungkin bertemu, maka beberapa hari sebelumnya adakan pertemuan awal pendek.

Surat-surat bisnis boleh ditulis dalam bahasa Inggris. format surat Anda harus formal bisnis dan dengan tata bahasa yang benar. gunakan kata dear Ladies and Gentlemen daripada Executive individu. setiap orang di Jerman setidaknya berlibur 4 Minggu per tahun dan jika surat yang ditujukan kepada seorang eksekutif yang sedang berlibur, maka jawaban surat anda akan datang setelah waktu yang lama.

Telitilah jika ada 2 orang Jerman mendata menandatangani satu surat bisnis itu berarti bahwa keduanya adalah orang yang membuat keputusan. keduanya harus sepakat dulu sebelum menentukan suatu keputusan.

Waktu untuk pertemuan bisnis yang paling disukai adalah antara pukul 11 dan pukul 1 siang atau antara pukul 3 sampai pukul 5 sore. pertemuan yang diadakan lebih sore lagi tidak biasa dilakukan di Jerman.

Jangan menjadwalkan pertemuan di hari Jumat sore karena beberapa kantor tutup pukul 2 atau 3 sore. Banyak orang yang berlibur pada bulan Juli Agustus dan Desember, jadi periksa dulu untuk melihat apakah rekan Anda ada atau tidak. juga perhatikan bahwa hanya sedikit pekerjaan yang diselesaikan Selama ada acara festival daerah, seperti oktoberfest atau karnaval 3 hari sebelum Land.

Di Jerman Timur sebelumnya, pertemuan bisnis tidak akan dijadwalkan pada hari Rabu. tetapi dengan adanya penyatuan Jerman, kebiasaan ini sudah diubah.

Hari kerja dari jam 8 atau 9 pagi sampai 4/5 sore setiap Senin sampai Jumat.

Toko buka pukul 8 atau 9 pagi dan tutup pukul jam 5 atau 6 sore dari Senin sampai Jumat. di hari Sabtu, kebanyakan toko tutup pukul 2 siang kecuali ada 1 hari Sabtu di setiap bulannya toko tetap dibuka sampai malam.

Negosiasi

Karena Jerman bisa menghasilkan produk-produk yang sama bagusnya dengan produk-produk buatan Amerika, maka kadang para eksekutif Amerika Serikat berasumsi bahwa perusahaan-perusahaan Jerman akan menjalankan bisnis yang sama seperti perusahaan-perusahaan Amerika tetapi proses pengambilan keputusan di perusahaan Jerman jauh lebih lambat daripada di Amerika.

Proses pengambilan keputusan dalam perusahaan Jerman biasanya tertutup bagi pihak luar. ditambah adanya rantai komando yang resmi, maka perusahaan-perusahaan Jerman sering memiliki sekelompok penasehat dan pembuat keputusan yang tersembunyi. Hasil keputusan ini jika disetujui maka akan menjadi suatu perintah.

Reputasi Jerman dalam hal kualitas berdasarkan pada perencanaan yang lambat dan metode. setiap aspek yang anda ajukan akan dibaca dengan teliti oleh para eksekutif. sikap tidak menolak justru akan mempercepat proses ini. keterlambatan ini akan meluas sehingga semua masalah bisnis. orang Jerman percaya bahwa untuk melakukan suatu pekerjaan dengan benar Butuh waktu yang lama.

Sikap tepat waktu orang Jerman ternyata tidak berlaku dalam hal tanggal pengiriman. mereka bisa saja terlambat mengirim barang tanpa ada penjelasan apalagi minta maaf.

Orang Jerman juga menghabiskan banyak waktu untuk menjalin suatu hubungan bisnis yang dekat Sikap mereka yang kelihatan dingin pada awalnya lama-kelamaan akan hilang. jika mereka sudah merasa kenal dekat dengan anak Anda akan tahu bahwa orang Jerman sangat suka kumpul-kumpul.

Karena kebanyakan eksekutif Jerman mengerti bahasa Inggris, maka kartu nama anda tidak perlu diterjemahkan. namun demikian segala material untuk kepentingan promosi dan suatu panduan instruksi harus diterjemahkan dalam bahasa Jerman.

Bawalah banyak kartu nama sangat sedikit orang Jerman yang mau menukar kartu nama mereka dengan tanda.

Jika perusahaan anda sudah berumur tahunan, cantumkan tanggal pendiriannya di kartu nama anda.

Karena tingkat pendidikan sangat dihargai di Jerman, maka pastikan cantumkan gelar pendidikan di kartu nama anda.

Orang Jerman bisa atau tidak bisa bersosialisasi sebelum masuk ke urusan bisnis. Anda bisa saja setelah masuk ke dalam ruangan kantor dan langsung mulai bicara bisnis setelah memperkenalkan diri Anda

Ketika orang Jerman memutuskan untuk mengobrol sebelum bicara soal bisnis, yang akan mereka bicarakan adalah mengenali mengenai bagaimana penerbangan Anda, akomodasi anda dan Darimana asal anda dan sebagainya.

Orang-orang Jerman akan tersenyum yang berarti kasih sayang. umumnya mereka tidak tersenyum dalam suasana bisnis baik kepada para customer maupun pada rekan pekerja.

Bisnis adalah hal Serius orang Jerman tidak suka humor saat dalam bisnis.

Pujian bisa membuat orang Jerman malu, mereka bisa saja menolak atau menerima. mereka berasumsi bahwa segalanya memuaskan Kecuali mereka mendengar sebaliknya.

Saat muncul suatu masalah, Bersiaplah untuk menjelaskan dengan jelas, secara detil, dan tidak emosional. Anda boleh melakukannya secara tertulis. orang Jerman tidak terbiasa berbicara secara tidak formal.

Jangan pernah mengikuti kebiasaan pebisnis Amerika dengan mengatakan sesuatu yang positif sebelum mengatakan sesuatu yang negatif. penjajaran Sanjungan atau keluhan ini akan terdengar kontradiktif bagi orang Jerman dan mereka bisa saja menolak seluruh pernyataan anda.

Privasi sangat penting bagi orang Jerman. pintu akan selalu terkunci, baik di tempat kerja maupun di rumah. jangan lupa mengetuk pintu dulu dan tunggu dipersilakan masuk.

Jangan menanyakan hal pribadi kepada seorang eksekutif Jerman. Jika seorang eksekutif ingin anda tahu bahwa dia sudah menikah atau sudah punya anak, dia akan mencari cara untuk membicarakan hal ini kepada Anda. kehidupan keluarga dipisahkan dari kehidupan kerja.

Tentu saja pertanyaan politik yang memalukan harus dihindari. Jangan pernah menanyakan tentang Perang Dunia 2 atau anti-semitic

Orang Jerman cenderung untuk diberi informasi yang benar mengenai politik dan memiliki opini politik yang kuat. mereka juga jujur dan akan memberitahu opini mereka mengenai negara anda. bahkan walaupun Open ini negatif.

Olahraga bisa menjadi topik yang bagus dalam pembicaraan. Banyak orang Jerman yang suka dengan olahraga: segi hiking bersepeda dan tenis juga populer. namun demikian jatuhnya program olahraga Olimpiade Jerman Timur bisa saja merupakan topik yang tidak menyenangkan.

Jerman merupakan penghasil beberapa bir paling enak di dunia. seorang Jerman meminum bir akan senang untuk menjelaskan mengenai buatan lokal terutama bila musiman dan biro khusus seperti Berlin rwc beer dari Berlin yang dibuat dari gandum.

Jamuan bisnis

Pertemuan bisnis tidak bisa pernah diadakan pada saat makan pagi Biasanya pada makan siang.

Pada saat perjamuan makan bisnis, perhatikan Bahwa masalah bisnis bisa didiskusikan sebelum dan setelah makan, tidak saat makan. jika anda diundang untuk jamuan makan, maka boleh menawarkan diri untuk mentraktir, tetapi tuan rumah Anda pasti akan menolaknya. Anda harus memaksa untuk mentraktir hanya jika anda lah yang mengundang.

Usahakan tepat waktu dalam acara sosial. minuman disajikan sebelum makan, tetapi biasanya dengan sedikit makanan pembuka. makanan utama disajikan tidak lama kemudian.

Orang Jerman jarang menjamu rekan bisnis mereka di rumah. jika anda diundang ke rumah berarti itu adalah kehormatan yang sangat luar biasa.

Saat makan selalu gunakan peralatan makan sangat jarang makanan yang bisa dimakan dengan tangan.

Jika anda merokok selalu tawarkan rokok terlebih dahulu sebelum menyalakan api.

keprotokolan

Menyapa

Berkenalan dengan pebisnis pria Jerman harus selalu berjabat tangan, kuat tetapi singkat. jika dengan pebisnis wanita tunggu dan lihat apakah dia mengeluarkan tangannya untuk menawarkan jabat tangan atau tidak.

Pada acara sosial pria Jerman yang lebih tua boleh mencium tangan seorang wanita ketika menyapa. namun hal ini jangan jarang dilakukan, lagi pula orang asing tidak mau tangannya dicium

Setiap daerah di Jerman punya kebiasaan yang berbeda-beda tetapi yang umum adalah menggunakan kedua tangan ketika berjabat tangan baik ketika bertemu atau ketika berpisah. Baru ketika berkenalan dengan beberapa orang kompak berjabat tangan lah secara bergantian. merebut jabat tangan orang lain dianggap tidak sopan.

Ketika berjabat tangan dengan tangan kanan tangan kiri jangan dimasukkan ke dalam saku.

Berkenalan dengan formalitas di Jerman akan lebih baik jika anak diperkenalkan oleh pihak ketiga daripada Anda memperkenalkan diri sendiri. Hal ini diterapkan baik dalam bisnis maupun dalam acara sosial.

Jika anda menjadi pihak ketiga yang menjadi penengah perkenalan antara dua pihak perkenalkan nama orang yang paling muda jabatannya lebih rendah terlebih dahulu

Kebanyakan daerah di Jerman, para pria akan berdiri ketika seorang wanita masuk ke dalam ruangan. wanita tidak boleh berdiri. bahkan, jika wanita tersebut tetap berdiri pria manapun yang berbicara dengan yang mungkin juga akan masih tetap berdiri.

Bentuk panggilan

Urutan nama orang Jerman sama dengan yang di Amerika titik2 nama pertama diikuti dengan nama keluarga

Menurut adat hanya anggota keluarga dan teman dekat saja yang saling memanggil dengan nama depan. ada kemungkinan Anda tidak akan pernah bisa menjalin hubungan yang cukup dekat dengan kolega Jerman Anda yang berarti tidak akan pernah memanggilnya dengan nama depan.

Ketika berbicara dengan orang yang tidak punya jabatan dalam pekerjaan gunakan Mr Mrs atau miss

Menggunakan titel profesional sangat penting. pengacara Insinyur Pastor, dan profesional lainnya akan meminta anda untuk menuliskan atau titik-titik

Saat masuk atau keluar toko, bersikaplah sopan dengan mengucapkan Hello dan Goodbye kepada kasirnya.

Gerakan isyarat

Walaupun orang Jerman terbuka dan murah hati dengan teman dekat, mereka akan cenderung bersifat formal dan pendiam di depan publik. tidak banyak senyum atau menunjukkan sikap cinta di jalan-jalan di Jerman.

Agar tidak jadi tontonan publik, sebelum jaraknya dekat dengan benar orang Jerman tidak akan saling menyapa. saling melampaui atau berteriak dari jauh dianggap tidak sopan dan hanya dilakukan anak-anak muda.

Untuk mendapatkan perhatian seseorang, angkatan Anda Telapak tangan menghadap keluar dan hanya jari telunjuk saja yang diangkat. jangan melampaui.

Ketika duduk silang kan atau Letakkan lutut anda. bukan mata kaki diatas lutut kaki satunya. jangan menaikkan atau meletakkan kaki Anda pada apapun kecuali pada tatakan kaki.

Orang yang paling tua atau jabatannya paling tinggi ketika masuk ke ruangan akan berjalan paling depan. jika umur dan status yang sama pria akan masuk dulu sebelum wanita. Apri akan berjalan di tengah atau sebaliknya. jika dua wanita berjalan bersama maka wanita termudah yang berjalan Sisi pinggir jalan.

Persepsi orang Jerman mengenai kebenaran dipengaruhi oleh keyakinan yang kuat dalam ideologi demokrasi sosial. pengambilan keputusan cenderung lama dan rumit karena dalam prosesnya harus mempertimbangkan semua yang ada di sekelilingnya. jika keputusan sudah dibuat maka tidak akan bisa dirubah lagi.