10 Tempat Wisata Di Sumba Paling Hits | Wisata Sumba Terbaru 2023

Posted on

Zumba, Surga Eksotis di Timur Indonesia

Selamat datang kembali di channel Republik Wisata. Zumba adalah sebuah pulau di provinsi Nusa Tenggara Timur, terdiri dari empat kabupaten yakni Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Pulau ini menjadi salah satu surga eksotis di wilayah timur Indonesia yang sangat terkenal akan keindahan alam, adat istiadat, serta budayanya.

Kekayaan Destinasi Wisata yang Istimewa

Dianugerahi beragam kekayaan destinasi wisata yang istimewa, mulai dari air terjun yang mempesona, pantai yang begitu cantik, hingga kemegahan alam bukit-bukit Padang Savana yang sempurna. Penasaran apa saja daftar tempat wisata di Zumba yang recommended untuk dikunjungi? Yuk, langsung saja kita simak.

Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang merupakan salah satu air terjun paling indah di Sumba. Akhirnya, tidaklah terjun dari tebing yang tinggi, melainkan jatuh dari celah tebing yang melingkar hampir sempurna. Dalam lingkar tebing terdapat kolam alami dengan air jernih berwarna biru tosca yang menciptakan sensasi seolah-olah tengah berada di dalam gua. Aktivitas berenang menjadi favorit di sini. Bahkan, body jumping pun bisa kalian lakukan! Walaupun memerlukan waktu dan usaha yang cukup, pengalaman yang tak terlupakan pasti bisa kalian dapatkan.

Kampung Taro

Kampung Taro merupakan komplek perkampungan yang berada di puncak bukit yang menghadap kota Waikabuba. Rumah atau rumah panggung dengan atap jerami yang sepenuhnya dibuat dari bahan alami seperti bambu dan akar tersusun rapi mengelilingi alun-alun desa. Di sini, kalian akan menjumpai makam megalitik dan sebuah kuil Merapu. Warga Kampung Taro masih sangat kuat mempertahankan adat dan budaya leluhurnya agar tak tergerus zaman. Ritual adat wajib masyarakat Taro adalah Wulado, yang dalam bahasa Indonesia diartikan bulan pahit. Ini dipercaya sebagai cara menjaga keharmonisan hidup manusia dengan leluhur alam dan hewan, sekaligus sebagai fase pembersihan diri, memohon keberkatan hidup, dan juga bentuk rasa syukur.

Kampung Ratenggaro

Kampung Ratenggaro merupakan sebuah kampung adat yang paling populer sekaligus menjadi tempat wisata iconic di tanah Sumba yang dapat membuat kalian merasa seakan kembali ke zaman megalitikum. Nama Ratenggaro berasal dari kata rate yang berarti kuburan dan garo yang merupakan orang-orang suku pertama yang tinggal di kampung tersebut. Seperti namanya, tempat ini juga punya cerita sejarah yang magis dan cukup menarik untuk diketahui. Di sini, kalian bisa melihat kuburan batu dan menjumpai rumah tradisional berbentuk panggung beratapkan jerami setinggi 15 meter. Tak jauh dari perkampungan, terdapat pantai Ratenggaro yang memiliki air jernih dan ombak cukup besar, sangat cocok untuk kalian bermain pasir.

Danau Wikuri

Danau Wikuri adalah salah satu objek wisata Sumba yang paling unik berupa laguna air asin yang memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 150 meter ke arah daratan. Lebar terjauh sekitar 50 meter dengan kedalaman kolam yang beragam. Nama Wikuri berasal dari bahasa Sumba, “we” yang berarti air dan “gurih” berarti percikan. Danau yang dipercaya terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sehingga menembus ke daratan ini memiliki warna air kebiruan yang bisa berubah menjadi emas saat matahari terbenam. Momennya ajaib dan pasti tak ingin Sobat Wisata lewatkan.

Nihi Sumba Resort

Nihi Sumba adalah sebuah resort eksklusif yang menjadi destinasi wisata kelas dunia. Bahkan, dinobatkan menjadi World’s Best Resort nomor 1 di dunia versi Majalah Travel and Leisure pada tahun 2016 dan 2017. Luasnya mencapai 530 hektar dan memiliki 33 villa. Nihi Sumba menyuguhkan pemandangan menakjubkan dengan berbagai macam fasilitas unggulan. Keseruan aktivitas paket komplit dapat dinikmati di resort ini, di antaranya aktivitas di laut hingga aktivitas budaya.

Air Terjun Tanggedu

Salah satu tempat paling eksotis di Sumba yang layak dikunjungi adalah Air Terjun Tanggedu yang merupakan salah satu objek wisata alam yang dikenal sebagai Grand Canyon-nya Sumba. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dengan ketinggian berbeda-beda dan diapit oleh dua tebing tinggi. Terdapat kolam alami yang ukuran dan kedalamannya bervariasi, karena panorama alamnya sangat asri dengan air berwarna kebiruan dan jernih, akan memaksa kalian untuk segera berenang. Meski lokasinya jauh dari kota dan jalan yang dilalui kurang baik, waktu dan usaha yang ditempuh akan sangat setimpal dengan apa yang akan kalian dapatkan di objek wisata ini.

Air Terjun Matayangu

Sudah dilihat : 9